Cara Mengatasi Laptop atau Komputer PC Lemot Simpel Jika Paham

 

Laptop atau komputer PC Lemot tentu membuat kesal dan geram karena menghambat aktivitas kerja apalagi sedang buru-burunya.

Yang tadinya akan produktif kerja malah jadi badmood dan males karena laptop atau komputer PC nya lemot ditambah sering stuck atau ngehang.

Masalahnya Lemot atau ngehang sebenarnya bisa disimpelkan atau disederhanakan masalahnya.

Yaitu Beban Otak Komputer yang sudah diluar kemampuannya alias Over kapasitasnya.

Nah otak Komputer disebut juga processor jika Processornya sudah melebihi kemampuan maka komputer PC atau Laptop akan lambat dan lemot.

Jadi bagaimana cara mengetahui Kerja processornya sudah over kemampuan?

Berikut Tutorial agar Komputer tidak lemot dan mendeteksi penyebab kelemotannya.

1. Yaitu Kunci Aplikasi adalah Task Manager, Yaitu Caranya Klik Kanan di Taksbar lalu klik Task Manager atau tombol shortcut ctrl+alt+del ditekan bersamaan 

2. Nah setelah muncul seperti gambar di atas, Lalu lihat di atas ada persentase penggunaan perangkat nya 
CPU = processornya, Memory dlln.

3. Nah Fokus pada Persentase pengguna CPU nya, Nah bisa dilihat persentase CPU dicontoh digambar sudah 100% artinya sudah mengerahkan semua kapasitas processornya.

4. Artinya jika kita tambah aplikasi lagi atau buka aplikasi lain lagi ini tentu akan lemot dan tanpa buka aplikasi saja keadaan CPU 100% saja sudah lemot.

5. Jadi apakah yang harus dilakukan? Tentu mematikan aplikasi yang memberangkatkannya.
6. Nah bisa dilihat digambar contohnya Task ManagerManager saja sudah mengambil jatah penggunaan CPU 37,5 % artinya kita harus matikan Task Manager jika ingin penggunaan CPU berkurang.

7. Kita coba scrolling lagi apa yang mengambil kapasitas CPU lagi lalu kita matikan lagi.

8. Masalahnya biasanya ada juga sistem Windows yang memberatkan jadi kita tidak bisa menghentikan terpaksa kita harus tunggu sampai selesai sistem berjalan.

9. Solusi, itu biasanya Windows tidak terlalu cocok untuk Komputer PC atau Laptopnya karena mesin Software terlalu berat jadi kita harus ganti misal ke Windows 8 atau 7 atau bawahnya.

10. Solusi Lainnya kita harus upgrade processornya ke lebih tinggi agar Processornya bisa bekerja lebih baik.

11. Solusi lainnya Hardware lainnya dibagusin juga agar Processornya lebih ringan bekerja seperti menggunakan SSD, kipas prosesor yang lebih baik, Kasing Airflow yang baik.

12. solusi lainnya File atau Aplikasi gunakan yang lebih ringan seperti Corel draw portabel atau Office 2003 dlln.


Komentar

Postingan Populer