Kelemahan-Kelemahan Laptop yang menyebalkan, Mengapa Service Laptop perlu Skill Tambahan lebih dari PC komputer

 

Kelemahan Laptop adalah ketika yang rusak bagian salah satu motherboard. Nah walaupun hal kecil misal yang kena Konektor yang terbakar saat Konslet ini akan cukup sulit untuk digantinya.

Karena harus bongkar seluruh bagian Laptop semua harus dilepas sehingga barulah motherboard bisa dilepas untuk disolder untuk dilepas dulu baru diganti konektornya.

Nah masalah selanjutnya adalah saat mau Lepas bagian konektor, biasanya kaki Konektor itu tergabung dengan kaki-kaki Ic dan dengan ukuran sangat kecil timah solderan.

Ya, Kesulitan selanjutnya adalah menyolder bukan dengan solder timah ukuran besar lagi tapi dengan solder dengan timah ukuran sangat kecil, ini perlu skill solder yang lebih advance.

Nah skill solder ini jika gagal akan membuat IC gosong dan PCB nya dan membuat Masalah bertambah. Jadi resiko sebanding dengan ganti Motherboard Laptop.

Jika dicek harga motherboard ini sepaket harganya dengan processornya yang harganya hampir setengah harga baru. Jadi seperti seharga Secondnya.

Jadi Jika Rusak Motherboard kadang Lebih baik ganti sekalian semuanya.

Selanjutnya Ketika ganti Hardware lainnya seperti Keyboard kadang sama beratnya harus mencopot seluruh bagian Laptopnya.

Ya memang Laptop didesain untuk sekali pakai dan digunakan sampai Rusak. Tidak untuk didesain untuk diupgrade lagi.

Biasanya bagian Part Hardware yang bisa diupgrade hanya Hardisk dengan SSD, RAM. Itupun sangat terbatas sekali Upgradenya.


Baca juga Tips Membeli Laptop, Beli Baru atau Second?

Komentar

Postingan Populer