Tips Membeli Laptop, Beli Baru atau Second?

 



Kamu tahu bahwa harga elektronik seperti Laptop itu harganya turun drastis? Bahkan walaupun setelah pemakaian baru beberapa hari saja harga bisa turun cukup jauh jika kita jual lagi.


Dan Harga pasaran Laptop second cenderung cukup Jomplang jauh dari harga barunya. Misalkan harga barunya adalah 4jt dan jika kita cek di pasaran second harganya kemungkinan rata-rata mungkin setengahnya yaitu 2jutaan.


Kenapa bisa begitu? Karena barang elektronik seperti Laptop memang didesain untuk dipakai untuk sekali pakai sampai rusak.


Kita bisa memperbaikinya jika kita ada kerusakan ringan saja. Kalau kerusakan fatal? Memang bisa diperbaiki namun sayangnya tidak ada suku cadang yang baru.


Alias solusinya biasanya adalah kanibal dari Laptop yang sudah rusak lainnya. Biasanya pabrik hanya membuat suku cadang baru untuk bagian kecil yang umum seperti Ram, hardisk dan SSD. 


Mengapa demikian? Karena menguntungkan tentunya salah satu alasannya. Ini karena setiap vendor merk mempunyai bentuk yang serupa.


Jadi jika kita beli Ram, hardisk dan SSD walaupun beda merk tetap bisa dipasang di laptop manapun alias universa. Barangnya tentu pasti akan laku.


Lain cerita bagian lainnya seperti Motherboard dan processor Laptopnya kurang layak dibuat suku cadang. 


Alasannya ya karena salah satunya tidak menguntungkan. Karena setiap Vendor pabrik memiliki bentuk cetakan hardware yang berbeda. Ini karena dibentuk Custom sesuai kebutuhan.


Alasan karena laptop didesain untuk tidak diupgrade ke arah primer Sana. Hanya upgrade bagian minor saja seperti Ram dan penyimpanan.


Jika diupgrade ke arah primer tentu akan sulit karena harus diubah semuanya juga. Seperti mulai dari Daya chargingnya atau baterainya, kemudian bentuk pendingin seperti kipas dan heatsink, hingga Casingnya juga yang harus menyesuaikan.


Nah Jadi jika Ingin beli Laptop Pilih Baru atau Second?


Jawabannya tentu ada plus minusnya tergantung kebutuhan.


Kelebihan Beli Baru


- Tentu siap pakai hampir tidak ada kerusakan atau Kendala, Ini cocok untuk kebutuhan orang yang sibuk produktif seperti untuk kerja dan nugas.


- Ada garansinya yang panjang sehingga tidak was-was. Kita tidak bingung jika ada kerusakan Tinggal bawa ke service center.


- Cocok untuk yang kurang paham tentang Hardware atau Software Laptop. Ya jika anda gaptek tentu lebih beli baru saja.


Kekurangan Beli Baru 


- Harganya Mahal, seperti penjelasan di atas harga bisa dua kali lipat harga second


Kelebihan Beli Second


- Harga Lebih murah, namun ini cukup beresiko karena hardware yang sudah terpakai apakah cukup terawat atau tidak. Jadi cocok mereka yang lumayan paham tentang Hardware dan Software Laptop.


-Cocok untuk dijadikan tumbal proyek belajar. Kalau niatnya buat belajar alias buat dibongkar-bongkar tidak apa-apa pakai yg second.


Kekurangan beli Second 


-Karena bekas pemakaian tentu resiko tiba-tiba rusak atau hardware mati tidak bisa dielakkan lagi. Apalagi seperti bekas mining atau pemakaian Full gaming ini lebih beresiko.


-Penyakit muncul lainnya adalah mood-moodan kadang bener kadang ngeselin.


-Garansi yang terbilang singkat biasanya cuma 1-2 Minggu.


Jadi Lebih baik pilih baru atau second ? Jawabannya cenderung pilih baru apalagi untuk produktifitas Kecuali anda paham Hardware dan Software ini bisa lumayan cocok untuk anda.


Baca juga Tips Membongkar Laptop yang sering disepelekan namun fatal



Komentar

Postingan Populer