Cara memasang RAM ke Motherboard Komputer PC sepele namun sering salah

 

Pernah kah anda mengalami gejala ketika setelah merakit Komputer PC  atau kerusakan komputer nyala sebentar lalu mati lagi kemudian nyala lagi mati lagi. Salah satu tandanya adalah Kipas berputar sebentar mati lagi kemudian nyala lagi mati lagi.

Tahukan penyebabnya? Ya, itu berhubungan dengan RAM processornya tidak bisa membaca RAM nya dengan benar. masalah seperti ini biasanya slot RAM motherboardnya rusak salah satunya. Selain itu masalah sepele lainnya adalah memasang RAM yang tidak benar atau pas.

Nah berbeda dengan cara memasang processor ke motherboard yang harus perlahan dan tidak perlu ditekan nah kalau cara memasang RAM ke motherbord sebaliknya harus ditekan dengan lumayan keras sehingga terdengar bunyi KLIK dan penguncinya dengan otomatis akan mengunci.

Nah kesalahan kebanyakan memasang RAM adalah kurang kuat memasangnya atau kurang menekan sehingga RAM menjadi longgar dan gampang copot itulah yang membuat eror komputer.

Jadi saat memasang RAM jangan takut rusak dengan menekan dengan kuat karena memang seperti itu cara memasang RAM harus ditekan dengan kuat hingga terdengar bunyi KLIK sebagai tanda pengunci juga tersetting.

Nah agar tidak salah berikut Cara tutorial cara memasang RAM yang benar.

1. RAM DDR 3 dan DDR 4 beda, RAM DDR 4 mungkin bisa dipasang dengan bolak-balik karena panjang pin nya sama panjang namun DDR 3 berbeda panjangnnya pin yaitu panjang sebelah jadi pastikan jangan sampai terbalik. Karena tentu jika terbalik tidak akan bisa terpasang dengan baik.


2. Nah setelah Posisi sudah benar, Kemudian pasang tempel dulu yang penting pas di slot RAM motherboardnya.


3. Kemudian Barulah posisikan kedua tangan ke pinggir-pinggir RAM untuk siap menekan bersamaan.


4. Nah barulah Tekan secara bersamaan dengan kedua tangan, Tekan cukup keras sehingga terdengar bunyi KLI sebagai penanda pengunci tersetting dengan benar.

5. Tanda pengunci cek tersegel dengan benar atau benar. Jika benar selesai dah



Komentar

Postingan Populer