Cara mengatasi Hardisk atau SSD tidak terdeteksi setelah Install ulang Windows

 

Permasalahan setelah Install ulang Windows yang sering terjadi adalah hardisk atau SSD  tidak terdeteksi alias tidak ada local disk D hingga E hanya ada local disk C.

Nah sebenarnya masalah sederhana yaitu saat Install ulang Windows di bagian partisi hardisk atau SSD berada dalam posisi atau nama Disk 0 dan teman-teman menginstal Windows nya di disk 1 atau 2.

Sehingga tentu saja Disk 0 tidak akan muncul dalam komputer. Tenang saja solusi cukup mudah dan tidak perlu ke bagian Install ulang Windows partisi lagi. Cukup di dalam komputernya.

Nah berikut tutorial cara mengatasi hardisk atau SSD tidak terdeteksi setelah Install ulang Windows.

1. Pertama masuk ke My Computer atau This PC.


2. Lalu klik kanan My Computer atau This PC pilih Manage klik.


3. Lalu pilih pada bagian menu kiri tulisan storage ada Disk Management lalu klik, Nah nanti disana ada menu hardisk mulai dari nama Disk 0 dengan partisinya hingga Disk 3 (misal) dengan partisi juga.

4. Nama coba cek disitu ada nama Disk yang berwarna biru dan hitam. Nah yang berwarna biru artinya sudah dipakai atau sudah terdeteksi sedangkan warna hitam unllocated artinya belum terdeteksi atau terlokasi alias itu hardisk atau SSD belum tidak terdeteksi juga.



5. Nah caranya klik kanan Disk yang berwarna hitam unallocated lalu pilih New simple Volume.



6. Nah lalu klik Next, 

7. Selanjutnya teman-teman akan membuat partisi dari hardisk yang belum terdeteksi tersebut silahkan tentukan jumlah volume nya sesuai jumlah maksimal hardisk atau SSD teman-teman. lalu klik Next


7. Jika sudah menentukan jumlahnya jika dibawah jumlah kuota kapasitas hardisk atau SSDnya maka sisanya bisa dipakai lagi buat partisi baru. Namun jika dimaksimalkan atau disamakan dengan kapasitasnya artinya hanya ada maksimal 1 partisi saja. 

Selanjutnya disini kita akan menamai partisinya Misal E hingga Z yang penting yang bukan sudah terpakai seperti local Disk C. Lalu klik Next


8. Selanjutnya menyetting format partisinya silakan gunakan mode default saja biar gampang lalu klik Next.


9. Klik Finish


10. Dan Hardisk atau SSD yang tidak terdeteksi pun muncul. nah jika mau membuat partisi baru lagi caranya sama seperti tadi.



Nah agar tidak ada yang bingung Tentang partisi hardisk kita bahas di artikel selanjutnya yang lengkap.


Baca juga Cara mengecek Windows Original atau Cara Memasukkan kode lisensi CD key Windows 



Komentar

Postingan Populer