Core i7 870 / 860 Jadul yang Laris manis di Marketplace Padahal Panas dan banyak masalah

 

Hal yang mengejutkan adalah bahwa rakitan Komputer PC yang processornya jadul masih sangat laris manis padahal processor terbaru adalah generasi ke 14.

Dan yang laris manis di Marketplae adalah processor masih generasi pertama. Seperti gambar di atas terjual ribuan Pcs.

Strategi yang digunakan adalah Menjual nama PC Gaming, core i7, semua barang klaim baru dan garansi.

Sebuah kombinasi yang tentu membuat orang awam tertarik. Tidak heran saudara pun ternyata ada yang beli.

Spesifikasi yang dipakai adalah 

Processor yang dipakai adalah  core i7 jadul yaitu core i7 860 / 870 alias generasi pertama. Jika dibandingkan dengan generasi terbaru tentu ini bagaikan langit dan bumi.

Kelemahan processornya adalah mudah panas sehingga perlu kipas pendingin yang bagus.

Namun nyatanya yang dipakai adalah kipas prosesor standar yang harganya 25.000.

Tentu saja saat maen game mudah panas walaupun penggunaan processornya masih belum di atas 80% suhu sudah di atas 80°c lebih. 

Alhasil genjala yang sering terjadi adalah Komputer PC sering me-restart sendiri dengan tujuan mendinginkan processornya yang sudah sangat panas.

Jadi jangan heran jika teman-teman yang membeli rakitan ini saat maen game suka me restart sendiri komputer PC itu adalah akibat kepanasan.

Selanjutnya Klaim baru, Ini meragukan Kenapa? Jika dicek di web Intel nya sendiri processor ini sudah tidak diproduksi lagi alias stop produksi.

Namun jangan khawatir processor itu hardware yang jarang rusak jadi cukup aman lah walaupun second.

Kemudian penyimpanan yang dipakai anehnya belum ada SSD nya hanya Hardisk. Minimal untuk windows agar cepat booting dan Hardisk tak masalah untuk penyimpanan file gamenya.

Tapi ini tidak ada SSD hanya hardisk. Di jaman sekarang tidak pakai SSD tentu saja tanda tanya besar? Tentu Lemotnya akan semakin terasa ketika beberapa hari pemakaiannya.


Mobo yang dipakai adalah H55 yang maksimal RAM nya 8Gb namun anehnya dikasihnya 16GB bukannya mubazir?  Hanya terkesan agar kelihatan besar kah untuk game?

VGA GT 1030 ini lumayan, Ini VGA Low yang penting bisa hampir seluruh game walaupun resolusinya harus disesuaikan.

Selanjutnya Power Suplynya (PSU) masih pakai yang murah 100rban yang tanpa pin VGA. Tentu sulit upgrade VGA kecuali jika harus ganti PSU juga.

Sebenarnya penjualnya mencantumkan deskripsi hardwarenya kecuali Processornya yang tidak lengkap hanya core i7 tanpa keterangan tipe atau generasinya dan PSU yang hanya mencantumkan 500W tanpa merk-nya.

Jadi jika dibilang salah? Ya, Belum tentu juga. 

Namun pembeliannya seh yang harus lebih  paham tentang Hardware Komputer minimal tipe dan generasi atau tanya yang udah paham kalau mau beli jadi biar pembelian maknyus.

Dan tidak termakan kata-kata marketing 

PC gaming, Core i7, serba baru, Bonus Isi game dan Garansi.

Tentu kata-kata di atas adalah kata-kata sakti marketing.


Nah ketimbang rakitan di atas jika menyamakan dengan harga lebih baik pakai rakitan core i3/i5 generasi ketiga/keempat. Kelebihan lebih hemat listrik, performa sama malah lebih dingin, nyaman dan ga akan restart sendiri komputer nya.


Nah biar membeli komputer PC lebih maknyus dan saran membuat rakitan seperti di atas saya jelaskan diartikel selanjutnya minimal paham generasi processornya.


Baca juga Cara pasang kipas angin tambahan yang benar di Casing Komputer PC Sepele Namun Membuat Komputer PC makin Panas




Komentar

Postingan Populer