LANGKAH-LANGKAH MENGATASI MASALAH LAPTOP ATAU KOMPUTER PC HIDUP SEBENTAR TRUS MATI LAGI

 

Ini adalah kelanjutan artikel sebelum Mengatasi Masalah Laptop atau Komputer PC Hidup Sebentar trus Mati Lagi Jika solusi tersebut Belum Cukup. Maka Kita harus mengecek bagian Hardware lainnya.

Nah berikut Solusi langkah-langkahnya agar Pengerjaan lebih Efektif dan Efisien sehingga jika sudah benar tidak membongkar yang lainnya.

Pertama Jika ada RAM yang terpasang dua buah atau lebih Coba copot Semua lalu bersihkan lempengan tembaga emas pada RAM dengan penghapus.

Kemudian Pasang 1 RAM ke slot RAM Motherboard paling kiri laptop atau Komputer nya. Jika masih seperti itu maka kemudian pindahkan ke slot Lainnya. 

Jika masih Eror berarti kemungkinan RAM nya eror atau Rusak jadi coba ganti RAM nya satunya lagi. Seperti langkah tadi. Jika normal Nyala berarti ada 1 RAM yang rusak.

Jika masih eror berarti kemungkinan memang slot Motherboard eror semua. Sebenarnya kemungkinan terbesar lebih kepada Slot RAM Motherboard ada yang eror. Karena RAM jarang banget rusak.

Nah Jika nyala ketika RAM dipasang salah satu slot Motherboard berarti Slot RAM Motherboard yang tadi memang ada yang rusak alias yang Rusak Motherboardnya. Ini biasanya Pin rambut Motherboard ada yang patah atau belok.

Solusinya jika patah memang harus ganti tempat pin processornya di Motherboardnya. Namun ini agak sulit perlu keahlian solder khusus untuk menggantinya. 

Ini menggunakan teknik khusus solder dengan cara dipanaskan dulu semua lalu cabut dudukan pin processornya lalu. Pasang yang baru. Teknik solder mirip dengan solder IC.


Nah jika dirasa tidak punya alatnya lebih baik langsung ke teknisi servis. Karena ini cukup beresiko juga membuat Motherboard makin rusak.

Plus dudukan Pin juga yang baru dibeli. Harga dudukan PIN motherboard juga lumayan mahal apalagi tipe terbaru.

Nah Solusi lain tentu tinggal ganti Motherboard saja. Jika punya budget Lebih.

Nah jika dirasa RAM dan slot Motherboard tidak ada masalah setelah melakukan hal di atas tadi.

Kemungkinan terakhir adalah processornya. Ini jarang terjadi namun bukan berarti tidak mungkin. Jadi coba ganti processornya dengan yang lain dulu.

Jadi Urutannya kemungkinan RAM lalu Motherboard lalu processornya.

Oh ya ada cara pengetesan Motherboard tanpa alat bantuan di artikel selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer