Tutorial Cara memperbaiki Stop Kontak yang Mati atau Rusak

 
Stop Kontak yang biasa dibeli di toko-toko apalagi ada yang berlabel SNI atau apapun memang sedikit berbeda dengan yang dibuat atau rakit sendiri.

Nah perbedaan yang dibuat oleh Toko mereka ada fitur pengamannya yaitu Skring. Skring ini tidak jauh berbeda dengan skring listrik rumah yaitu sehelai kabel listrik.

Sehingga ketika terjadi muatan listrik berlebih Skring akan putus. Itulah yang menyebabkan Stop Kontak teman-teman rusak.

Berbeda yang biasa dirakit sendiri, Biasanya tidak memakai fitur Skring seperti di atas.

Tapi langsung disambung ke tembaga besi seperti gambar di atas. Memang simpel namun ini kurang Safety alias kurang aman.

Karena salah satu terjadinya kebakaran adalah dari stop kontak atau lebih tepatnya gesekan ketika colokan dan stop kontak dicolokkan.

Mungkin teman-teman juga sering lihat ketika mencoloknya muncul percikan api. Nah kurang lebih seperti itu. Jadi sebaiknya jangan sampai colokan anda longgar terhadap stop Kontak karena akan memicu api yang bisa menyebabkan kebakaran.

Nah jadi sebenarnya memperbaiki Stop Kontak yang mati gampang yaitu tinggal mengganti Sehelai kabel Skring saja.

Atau langsung menghubungkan kedua kabel ke tembaganya. Namun seperti penjelasan di atas ini kurang Safety. Namun jangan terlalu khawatir juga Pengamanan Konslet rumah akan membantu sistem keamanan jika Konslet.

Nah Berikut tutorial memperbaiki Stop Kontak yang Mati atau Rusak mengganti Kabel Skring atau menghubungkan langsung ke tembaga.

1. Pertama coba colokan dulu ke listrik 

2. Cek Lampu indikator atau coba colokan charger jika mati Fik Skring nya putus.
3. Coba Bongkar Stop Kontak dengan melepas baud atau Mur dengan obeng.
4. Siapkan Sehelai Kabel untuk mengganti yang Putus 
5. Pasang dengan cara lilitkan ke lubang dengan cara menyebrang ke lubang satu lagi seperti jembatan. Selesai dah.
Lihat gambar dibawah

6. Nah Cara kedua adalah langsung sambungkan ke tembaga nya dua kabelnya. Nah ini tentu tidak akan membuat lampu indikator menyala namun colokan berfungsi dan seperti penjelasan di atas kurang safety.

Tutorial via video,


Komentar

Postingan Populer