Tutorial Install ulang Windows di Laptop atau Komputer PC gak pakai Ribet

Install Ulang adalah salah satu solusi efektif yang simpel dan mudah ketika Komputer sudah eror, terkena banyak virus, hingga lemot dan install Ulang akan membuat terlihat baru.

Ketimbang kita harus memperbaiki laptop atau Komputer PC yang eror sudah parah atau menghapus virus yang sudah masuk ke seluruh sistem. Ini akan membutuhkan waktu dan effort tenaga yang lebih banyak.

Dari pada seperti itu Install ulang solusi lebih efektif karena semua masalah eror parah dan virus membandel karena terselesaikan dengan lebih cepat.

Apalagi sekarang metode Install ulang bisa menggunakan flashdisk yang bisa lebih cepat ketimbang DVD player. Namun tidak semua support menggunakan flashdisk biasanya yang spek tidak terlalu jadul.

Jadi Laptop atau Komputer PC anda jadul banget lebih baik siapkan menggunakan media DVD player.

Begitu juga dengan Windows Installernya harus disiapkan. Nah Windows yang rekomendasi dipakai adalah Windows 7 ini digunakan untuk Laptop atau Komputer PC jadul karena cocok lebih ringan alias tidak berat.

Namun Jika dirasa masih berat alias terlalu jadul Laptop atau Komputer PC nya bisa menggunakan Windows 2000.

Nah Windows yang standar yang sering dipakai sekarang adalah Windows 10. Ini cocok untuk kalangan spek Low hingga Tinggi.

Jika sudah cukup tinggi Windows 11 juga gas saja. Karena biasanya dari Windows 10 disuruh update ke windows 11 jika dideteksi Spek Laptop atau Komputer PC Teman-teman sudah tinggi.

Oke Langsung ke Tutorial Install ulang Windows di Laptop atau Komputer PC tidak pakai ribet.

1. Siapkan Alat Insall Ulangnya,

- Bisa pakai Flashdisk ini cocok untuk spek laptop atau Komputer PC yang sudah lumayan.Jika Pakai Flashdisk bisa langsung download dan Jadikan Flashdisk media Instalasi.

Caranya di artikel sebelumnya Tutorial Membuat Installation Media Windows 10 menggunakan Flashdisk atau Cara agar Flashdisk bisa untuk Install Windows 10

-Bisa pakai DVD player internal atau Eksternal Ini cocok untuk laptop atau komputer PC spek lumayan jadul.

-Windows Installernya yang mau diinstall seperti Windows 10, 7, 2000 dlln.

- Internet jika ada untuk menyelesaikan registrasi Windows.

Oke Langsung saja tutorial Install Ulang Windows di Laptop atau Komputer PC gak pakai Ribet.

1. Nyalakan Komputer PC atau Laptop Kemudian Masuk ke Bios Komputer. Caranya saat awal Loading ada menu masuk Bios biasanya dibawah dengan keterangan Tombol, Biasanya Tombol Dell, F2, F10 dan F11. Seperti contoh di bawah adalah Tombol Dell.


2. Kemudian Teman-teman akan masuk ke Menu Bios Motherboardnya.


3. Lalu Pilih menu Boot dan Ubah Hard Disk Drives yang urutan pertama adalah Media installer yang akan digunakan seperti DVD atau Flashdisk, Sebagai Contoh saya adalah Flashdisk maka 1st Drive adalah Sony Storage.



Caranya tinggal Klik Enter trus scroll ke bawah atau atas menggunakan keyboard pilih Media Installernya. Biasa setiap bios berbeda caranya, bios yang model terbarunya biasa sudah bisa menggunakan Mouse namun yang jadul-jadul hanya bisa menggunakan keyboard. Caranya biasa ada keterangan juga dengan menggunakan F1 hingga F 9.

4. Langkah Selanjutnya tekan tombol Save Exit (F10) sesuai dengan keterangan biosnya. Muncul Keterangan untuk Save Klik Oke. Maka Komputer akan merestart otamatis.


5. Selanjutnya setelah merestart akan masuk ke menu Windows, pilih sesuai dibawah ini,

Language                               : Pilih English atau bahasa lain juga boleh

Time and Currency format    : Indonesia

Keyboard or input method    : US


Lalu klik Next.

6. Lalu Klik Install now.


7. Lalu akan muncul menu Active Windows, Nah masukan cd key Windows jika punya dengan mengisi kolom yang di tengah jika tidak punya langsung klik saja I dont have a product key. Nah jika punya kode key windows dan mau dimasukan nanti juga bisa jadi tidak usah khawatir.


8. Lalu Muncul menu Windows Setup, Pilihlah jenis windows yang akan di Install sebagai contoh saya akan Install Windows 10 Pro lalu klik Next.


9. Selanjutnya akan muncul menu applicable Ceklis saja kotak I accept the license terms.klik Next.


10. Lalu muncul menu Windows Setup Pilih yang Custom: Install Windows only (advanced) maka otamatis akan masuk ke menu selanjutnya.


11. Nah Selanjutnya akan masuk ke menu partisi hardisk dan tempat dimana Windows akan diinstall di hardisknya. Nah disini hati-hati karena data kita bisa kehapus jika salah menformat hardisk.

Nah caranya disini adalah cukup siapkan hardisk atau SSD untuk sistem Windows minimal 20GB, sarannya aja seh minimal 120GB untuk sistem Windowsnya lalu klik hardisknya lalu klik Format nanti akan muncul peringatan klik Oke lalu klik lagi hardisk tadi yang sudah diformat lalu klik next





Nah sebagai contoh saya akan menginstall di Drive 1 Partition 2 maka klik Drive tersebut lalu klik format yang ada dibawah, lalu muncul pemberithuan klik Oke, lalu klik hardisk yang diformat tadi klik Next.

12. Selanjutnya akan masuk ke menu Installing Windows tinggal tunggu sampai proses Finish up. Proses tunggu tergantung PC nya dan tergantung media Install nya jika pakai Flashdisk biasanya 10menit selesai.




13. Nah setelah proses Finishing Up selesai akan masuk ke menu untuk merestart komputer nah sebelum selesai habis hitungan untuk restart nya maka cabut media installernya jika saya pakai Flashdisk maka saya cabut flashdisknya. Tujuannya agar komputer saat restart ulang tidak masuk ke menu Install ulang windows lagi tapi masuk ke komputer langsung.


14. Nah setelah merestart komputernya selanjutnya akan masuk ke menu finishing regristasi windows. Setelah loading maka menu pertama adalah memilih bahasa, maka silahkan pilih bahasa sesukanyam, Jika saya pilih Indonesia lalu klik Yes.



15. Selanjutnya akan masuk ke menu setting keyboardnya, Pilih US saja biar seperti biasanya. lalu klik Yes.



16. Selanjutnya akan muncul menu second  keyboard klik Skip saja.


17. Selanjutnya komputer akan loading dan merestart lagi dan masuk ke menu how would you like to set up? Pilih saja yang paling atas Set up for personal use lalu klik next.


18. Selanjutnya anda akan disuruh menghubungkan internet kemudian suruh isi email lalu klik Next.


19. Isi pasword Emailnya.


20. Lalu buat PIN kunci angka klik Create PIN


21. Lalu masukan 6 pin angka kuncinya di atas dan bawah. Klik OK


22. Lalu muncul menu always have acces to your recent browsing data, Klik Not Now saja


23. Menu Choose privacy pilih Accept saja.


24. Muncul menu customize langsung klik Skip saja.


25. Muncul menu use your android phone from your pc Klik No, Thanks.


26. Muncul menu untuk mencoba atau membeli microsoft 365 Klik Decline Microsoft 365


27. Selanjutnya pilih dan Klik Decline juga.


28. Selesai deh. Enjoy.



Komentar

Postingan Populer