Urutan Upgrade Komputer PC yang Pas bagian kedua

 


Setelah artikel sebelumnya Urutan Upgrade Komputer PC yang pertama baiknya Power Suply atau PSU. Nah urutan selanjutnya yang perlu diupgrade adalah,

Sebenarnya tidak ada urutan baku atau Wajib namun ini hanya sepengalaman saya. Nah berikut Urutannya,

1. Upgrade Hardisk Ke SSD 

Nah ini seh seharusnya sudah hal yang dasar apalagi di jaman sekarang tidak pakai SSD sesuatu kerugian.

Selain menambah cepat Komputernya signifikan atau terasa. Harganya juga terbilang relatif murah. Cukup Minimal sistem operasi Windowsnya agar booting bisa lebih cepat dan Komputer tidak lemot banget.

SSD yang 120Gb untuk sistem operasi Windows harganya sekitar 170rb di bulan sekarang 2024. Ini ada sedikit kenaikan seberangnya, satu tahun yang lalu harga masih 120rb an.

Nah sisanya untuk penyimpanan boleh pakai Hardisk terutama file game yang gede-gede. Apalagi hardisk harganya sekarang cukup relatif murah untuk yang 500Gb sekitar 100rban.

Namun hardiks yang 500Gb jarang banget yang ada barunya. Kebanyakan yang baru minimal 1Tera.

2. RAM minimal 8GB.

Selanjutnya RAM, Nah untuk RAM sekarang yang 4GB sudah sangat kurang banget apalagi untuk Game. Karena game sekarang minta RAM nya gede-gede. 

Nah baiknya minimal 16GB untuk RAM tapi bisa mencicil dulu yang 8GB 1 Slot, Sisanya nanti.

Apalagi RAM nya juga sama seperti SSD yang tidak terlalu mahal untuk DDR3, namun yang DDR4 ke atas memang masih cukup mahal.

3. VGA untuk kebutuhan Game dan Editor videomu.

Tentu VGA yang bagus adalah impian seorang gamer dan Editor video. Dengan VGA yang mumpuni kita bisa maen berbagai jenis game terutama game-game berat masa kini.

Game bisa setting resolusi cukup tinggi tanpa takut fps ngedrop atau patah-patah.

Dan untuk Editor video tidak perlu menunggu lama merender plus mengedit video yang tidak loading lama yang bikin ingin membanting Komputer PC nya.

VGA setidaknya investasikan di GDDR 5. Karena harganya kini sudah lumayan cukup dikantong seperti GT 1030 hingga GTX 1660, di angka 1 juta hingga 4juta.

Dengan GDDR5 setidaknya bisa maen berbagai game dan bisa kebutuhan Editing Video.

4. Processor ke core yang lebih banyak

Nah selanjutnya processornya, Setidaknya upgrade processero ke tipe Core i5 atau yang memili core yang lumayan banyak. Sehingga kerja komputer saat multi tasking lancar dan tidak cepat panas.

Processor sebenarnya di level core i3 generasi 10 ke atas bisa, karena sudah memiliki banya core 4 core 8 thread. Nah jika dibawah generasi itu baiknya dinaikkan ke level core i5 minimal agar bisa enak dan layar saat dipakai game dan editing video.

Apalagi core i5 jadul lumayan murah seperti processor kere hore core i5 3570 yaitu diharga 200rban, tentu saja barang second karena processor jadul sudah tidak diproduksi lagi. Tapi tenang saja processor jarang rusak jadi walaupun jadul aman saja.

5. Kipas Processor atau pendingin Komputer



Tentu saja ketika sudah lumayan tinggi processor dan Vga nya disarankan untuk mengupgrade kipas processornya dan penambah kipas di Casingnya.

Dengan begitu processor tidak akan cepat panas atau hingga overheat, Apalagi yang memiliki core yang banyak sudah pasti processornya cepat panas.

Bisa diinvestasikan pendingin processor dengan kipas model tower yang harganya 300ribuan plus kipas Casing yang harga satuannya 30rb an. Jadi tidak terlalu mahal tapi cukup efektif dan dari segi penampilan cukup oke.

6. Casing Komputer PC

Tentu saja agar bisa muat dan bisa pasang kipas Casing, Casing Komputer PC harus yang menyediakan slot kipasnya agar mudah dipasang dan memiliki Airflow yang bagus.

Komentar

Postingan Populer