Intel PHK 15.000 pekerja dan Saham Terus Turun, Ada apa dengan Intel? Kemenangan untuk Amd kah?

 

Berita tentang masalah Intel memPHK 15.000 karyawannya dan saham terus turun sama hari ini, membuat banyak pertanyaan, ada apa dengan perusahaan raksasa sekelas Intel?

Nah ada satu Netizen Twitter membahas kenapa sampai jatuh dan viral,

Menurut saya, Bahasannya dia masuk akal, Nah saya coba rangkum dan bahas via cerita saya lagi.

Intinya adalah ini seperti puncak masalah gunung es yang mencair, masalah raksasa tua yang sudah lama terlena dan arogan dengan konsumennya atau cenderung meremehkan konsumen.

Puncak masalah adalah kasus terbaru processor Intel generasi 13 dan 14 terutama pengguna tipe tertinggi dan termahal 13900K dan 14900k mengalami banyak yang crash penggunanya.

Awalnya kasus beberapa pengguna processor tersebut mengeluh di sosmed, kemudian ternyata banyak yang mengalami sehingga viral dan didengar media.

Namun respon Intel awal menyalahkan partner pembuat hardware motherboard Mereka menuding bahwa terlalu menyuplai listrik terlalu besar sehingga tidak stabil dan crash.

Padahal Intel sendiri tidak pernah memberikan panduan resmi mengenai kebutuhan minimal dan maksimal powernya dan setelah di update BIOS motherboardnya crash masih ada, terbukti masalahanya di processornya.

Dan parahnya bahwa isu tersebut tidak hanya terjadi pada seri tertinggi processornya saja juga processor 65W non K.



Dan yang lebih parahnya Intel tidak ada rencana untuk menarik lagi (recall) prodak gen 13 dan 14 tersebut


Solusi yang diberikan memberikan microcode chip processornya pertengahan Agustus yang belum pasti bisa menyelesaikan masalah tersebut atau tidak.


Kemudian masalah gunung es lainnya, Saat dipuncak kejaayaan minim inovasi seperti permintaan konsumen untuk meminta banyak core inti komputer tidak digubris, Jadi pengguna harus puas dengan core yang sedikit. Namun setelah kedatangan Ryzen AMD intel mulai berbenah.



Masalah lainnya adalah tentang heatspread chip yang tidak disolder pada intel generasi 4-8, Intinya heatspreader itu inti chip yang berfungsi menyebarkan panas processornya. Salah satu cara agar lebih dikit adalah dengan disolder malah hanya menggunakan pasta biasa.



Selanjutnya masalah processor intel itu ga bisa di overclock atau spek ditingkatkan lebih di atas settingan pabrik kecuali seri K dam motherboard seri Z yang mahal dan lagi-lagi pesainngnya AMD memberikan kelebihan tersebut


Yang terakhir intel digugat pemegang saham karena tidak memberitahu terlebih dahulu karena telah mengungkapkan ke publik yang menyebabkan mereka melemah sahamnya.

Akankah intel tumbang seperti Nokia?


Baca juga Drama Blue Screen Windows CrowdStrike Falcon

Komentar

Postingan Populer